Bata Ringan atau Bata Merah

Bata Ringan atau Bata Merah

Perbedaan Bata Ringan dan Bata Merah

Bata Ringan atau Bata Merah
Sumber Gambar : Dekoruma dan Hargaper | Illustrasi : elitehebel.co.id

Dengan beragamnya material untuk bangunan yang tersedia saat ini, memudahkan kamu untuk memilih bahan apa yang cocok digunakan sebagai material untuk struktur pembuatan bangunan, sesuai dengan konsep yang diinginkan serta budget yang dimiliki.

Untuk bahan baku pembuatan dinding, tersedia dua material yang popular dan sudah banyak digunakan masyarakat, yaitu bata hebel dan bata merah. Bagi yang belum mengetahui mana yang cocok digunakan sebagai material pembuatan rumah atau bangunan perkantoran, saya akan mengulas keuntungan dari bata hebel dan bata merah. Simak ulasannya sampai selesai ya!

Bata Ringan atau Bata Merah : Komponen dasar 

Berdasarkan produksinya, Bata merah berasal dari tanah liat yang diproses dengan pencetakan yang dibakar dengan suhu yang tinggi hingga mongering dan mengeras. Semenatara itu, bata hebel dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: Autoclaved Aerate Concecered (AAC) dan Cellular Lightweight Concecered (CLC). Bata ringan menggunakan komponen yang lebih kompleks apabila  dibandingkan dengan bata merah.

Proses produksi bata ringan CLC menggunakan komponen sebagai berikut: semen, pasir kwarsa, kapur, gypsum, air dan pasta aluminium, sementara bata ringanl AAC menggunakan komponen sebagai berikut: pasir, semen, air, dan busa.

Bata Ringan atau Bata Merah : Strenght (Kekuatan) 

Pada proses produksinya, bata ringan menggunakan semen sebagai komponen utama yang memiliki kekuatan lebih daripada menggunakan bata merah. Terlebih, bata hebel ini juga menggunakan campuran material setara dengan pembuatan beton. Maka dari itu, memenuhi standar bangunan tahan gempa.

Berdasarkan tes yang dilakukan, bata merah hanya mampu menahan beban seberat 25 kilogram per sentimeter persegi. Beda halnya dengan bata hebel yang mampu menahan beban seberat 40 kilogram per sentimeter persegi. Dengan demikian, bata hebel memiliki kualitas yang lebih mempuni daripada bata merah, karena bata hebel mampu menahan beban 2x lebih berat daripada bata merah.

Baca Juga :  Bata Ringan Yang Bagus dan 6 Manfaat Bata Ringan

Bata Ringan atau Bata Merah : Bahan

Bahan dari bata ringan atau bata merah terdapat perbedaan yang cukup siginifikan. Bata Merah berasal dari bahan dan proses industri rumahan, beda halnya dengan bata ringan. Bata ringan menggunakan bahan dengan teknologi yang lebih modern sehingga membuat hasil lebih rapi ketimbang menggunakan material bata merah. Selain itu ukuran dan bentuk bata merah tidak seragam, sehingga membutuhkan plester tebal tambahan untuk membuat sebuah bangunan lebih presisi.

Bata Ringan atau Bata Merah : Berat

Contoh Bata Ringan Ukuran 7.5
Contoh Bata Ringan Ukuran 7.5 | Illustrasi : elitehebel.co.id

Bata ringan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bata merah, sehingga mempermudah proses pengangkutan. Meskipun ukuran bata ringan lebih kecil apabila dibandingkan dengan bata merah, namun bata ringan memiliki kemampuan untuk menopang bangunan yang lebih berat. Sementara bata merah memiliki dimensi fisik yang lebih kecil, tetapi bata merah memiliki bobot yang lebih berat daripada bata ringan, sehingga dapat memperlambat proses pengangkutan, pemasangan, serta dapat mempengaruhi struktur penopangnya.

Selain itu, apabila menggunakan bata ringan sebagai bahan bangunan anda,  biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih murah. Hal ini dikarenakan apabila menggunakan bata ringan tidak memerlukan tambahan semen lagi, karena pada bata ringan terdapat komponen campuran semen didalamnya. Beda halnya dengan bata merah yang harus menambahkan bahan tambahan seperti semen, karena pada bata merah tidak terdapat campuran semen didalamnya.

Bata Ringan atau Bata Merah : Manfaat Bata Ringan 

1. Lebih kuat dan ringan

Dari segi bobot, bata ringan atau bata merah memiliki perbedaan. Karena memiliki bobot yang cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan bata merah, maka dari itu apabila pembangunan sebuah rumah atau kantor menggunakan bata ringan proses pengerjaannya cenderung lebih mudah karena memiliki sisi yang presisi

2. Lebih rapih dan bersih

Proses pengerjaan menggunakan bata hebel menjadi lebih rapi dan bersih, karena bata hebel memiliki ukuran dan sisi yang presisi dibandingkan dengan bata merah, selain itu bata hebel juga tidak membutuhkan plester tebal dalam proses pengerjaannya karena cukup diberikan perekat, bata hebel akan menempel dengan sempurna.

Baca Juga :  Bata Ringan Broco SNI

3. Pemasangan lebih cepat

Proses pemasangan bata ringan lebih cepat dan lebih mudah karena tidak membutuhkan plester tebal sebagai komponen tambahan dalam proses pembangunan. Beda halnya dengan bata merah yang harus menambah kan plester sebagai komponen pokok yang diperlukan. Hal tersebut disebabkan karena bata merah memiliki sisi yang tidak  rata da ukurannya pun beraneka ragam.

 4. Sebagai Gewel

Dikarenakan harga kayu yang lebih mahal, bata ringan bisa menjadi alternatif bagi anda apabila ingin membuat rumah dan kuda-kudanya yang terbuat dari kayu. Dengan begitu, anda dapat memangkas anggaran untuk membuat hunian impian, karena bata merah memiliki fungsi sebagai gewel rumah.

5. Kedap Suara

Dalam manfaatnya bata ringan atau bata merah memiliki manfaat yang berbeda, hal tersebut juga terjadi pada manfaat yang satu ini. Bata ringan memiliki manfaat kedap suara, hal itu membuat bangunan yang menggunakan bahan dasar bata ringan  akan menjadi lebih kondusif lagi. Jika penggunannya untuk sebuah kantor, dan dapat membuat suasana seperti itu, saya pastikan karyawan yang bekerja di dalamnya akan menjadi lebih nyaman dalam mengerjakan kegiatan administrasi.

6. Tahan Panas

Salah satu kelebihan yang dapat dipertimbangkan untuk memilih bahan bangunan yang tepat Bata ringan atau Bata Merah adalah Bata Ringan memiliki fungsi untuk menahan panas, dengan begitu bata ringan dapat melindungi bangunan dapat menjadi perlindungan terhadap api

Bata Ringan atau Bata Merah : Harga 

Apabila membahas perihal harga, Bata Ringan atau Bata Merah memiliki harga yang berbeda. Hal ini dikarenakan ketersediaan stock bata merah terbilang banyak dan mudah didapatkan di lapangan. Maka dari itu harga bata merah cenderung lebih murah ketimbang bata ringan, dengan demikian bata merah menjadi solusi bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas yang ingin membanguni hunian impian. Beda halnya dengan bata ringan yang ketersediaannya masih jarang dan tidak sebanyak bata merah, maka harga bata ringan bisa dibilang lebih mahal daripada bata merah. Namun apabila melihat value dari bata ringan atau bata merah, bata ringan memiliki value yang lebih banyak dari segi fungsional dan manfaatnya.

Bata Ringan atau Bata Merah : Kesimpulan

Setelah menyimak artikel diatas apakah anda sudah  dapat menentukan bahan apa yang cocok sebagai material bangunan anda? Jika belum, anda dapat berkonsultasi dengan kami.

Baca Juga :  Bata Ringan VS Bata Merah
Distributor Bata Ringan dan hebel
Ilustrasi : Elitehebel.co.id

Karena kami adalah PT Elite Hebel sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan ,semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

  1. Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami. Karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan di proses setiap harinya.

  1. Kepastian waktu distribusi

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat. Karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik, dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang di sepakati ketika proses transaksi.

  1. Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilih karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan. Menjadikan pekerjaan oembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

Kami berkerja sama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi. Berikut daftar produsen bata ringan yang berkerja sama dengan kami:

  • Betacon
  • Acon
  • Inti Global
  • BSH (Bata Sentra Utama)
  • IBI ( PT impian baru Indonesia)
  • Multicon
  • Broco

Kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri. Jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual, atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan, bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

 

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id