Bata Ringan Untuk Rumah Dua Lantai

Bata ringan untuk rumah dua lantai

Bata Ringan cocok untuk rumah dua lantai
Foto : Binyamin Mellish | Ilustrasi Elitehebel.co.id

Sekarang ini, berbagai macam bentuk, ukuran dan variasi rumah semakin banyak. Contohnya seperti rumah dua lantai yang mulai banyak terlihat di kota-kota besar ataupun perkampungan. Bahkan ada banyak perumahan yang menggunakan konsep rumah dua lantai. Kemudian, anda bertanya-tanya bata ringan apa yang kira-kira cocok untuk rumah dua lantai ?. Sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui tentang sejarah bata ringan. Kemudian, kita akan menentukan jenis bata ringan yang cocok untuk rumah dua lantai.

Sejarah Bata Ringan

Bata Ringan untuk rumah dua lantai
Ilustrasi : Elitehebel.co.id

Pada zaman dahulu banyak masyarakat yang menggunakan bata merah. Hal tersebut wajar, karena bata ringan adalah jenis bata yang baru masuk pada akhir tahun 90’an. Bata ringan berasal dari Jerman. Bata ringan hadir sebagai alternatif material dalam pembangunan, hadir dengan bantuan teknologi yang mumpuni. By the way, nama lain dari bata ringan bisa disebut Hebel.

Keunggulan bata ringan untuk rumah dua lantai

Hebel cocok untuk bangunan tinggi dengan temperatur yang bervariasi. Bangunan tinggi yang menggunakan bata ringan hanya membutuhkan sedikit baja dan beton. Kepraktisan pembangunan disebabkan oleh bobot Hebel yang ringan dengan ukuran yang efisien. Adukan semen yang dibutuhkan untuk menempelkan Hebel juga hanya sedikit, sehingga sambungannya lebih sedikit. Selanjutnnya, hebel juga cocok untuk bangunan di tempat bersuhu rendah. Disebabkan karena mampu menyimpan panas dengan baik. Oleh karena itu, tidak perlu menambahkan material lain hanya untuk kehangatan. itu adalah beberapa kelebihan bata ringan.

Beta ringan hadir dengan kelebihanya yang lebih unggul dibanding bata merah. Dengan ukuran dan dimensi yang lebih besar mampu mempercepat proses pemasangan. Selanjutnya, bahan bangunan ini mudah untuk disetting dan dipotong sesuai keutuhan. Hal ini mudah dalam sistem pemasangan, yang merupakan bagian integral dari pembangunan bangunan dengan fasad berventilasi.

Bata ringan untuk dua lantai memiliki jenis dan merk bervariasi

Ketika ingin membangun sebuah rumah, sangat penting untuk menentukan bahan-bahan yang cocok dan bagus. Fungsinya agar bangunan kokoh dan bertahan lama. Apalagi jika ingin menggunakan bata ringan untuk rumah dua lantai yang memiliki jenis dan merk yang bervariasi. 

Ketika sedang membangun rumah yang diimpikan, pilihan dinding luar sangat penting. Hal terpenting untuk kenyamanan pribadi anda. Penggunaan energi, dan kekuatan bata pun tidak boleh sembarangan. Hebel atau bata ringan adalah bahan bangunan berkinerja tinggi. Demikian pula dikenal karena kekuatan dan keluwesannya yang dapat melindungi rumah dari kehancuran.

Bata ringan terbagi dua jenis yaitu AAC dan CLC

Perbedaan Bata Ringan AAC dan CLC
Foto : teamovercs.com | Ilustrasi : Elitehebel.bo.id

Sedikit ulasan mengenai jenis bata ringan, bata ringan terbagi dua jenis yaitu AAC dan CLC. AAC atau Autoclaved Aerated Concrete adalah beton selular, gelembung udara yang ada disebabkan oleh reaksi kimia. Ketika bubuk aluminium atau aluminium pasta mengembang. Jadi, seperti proses pembuatan roti saat penambahan ragi untuk mengembangkan adonan.  

Sebaliknya, Bata ringan CLC atau Cellular Lightweight Concrete adalah beton selular yang mengalami proses curing secara alami. CLC adalah beton konvensional yang mana kasar (kerikil) digantikan oleh udara. Kemudian dalam prosesnya menggunakan busa organik yang sangat stabil dan tidak ada reaksi kimia. Selanjutnya, proses pencampuran adonan foam/busa berfungsi sebagai media untuk membungkus udara.

Bata ringan jenis AAC cocok untuk rumah dua lantai

Apabila anda mencari bata ringan yang cocok untuk rumah dua lantai, lebih baik menggunakan bata ringan AAC. Bata ringan tersebut dibuat dengan teknologi Autoclaved yang memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, dari segi komposisi pun bata ringan jenis AAC lebih baik. Dibuat menggunakan pasir silica yang membuat ketahannya tidak perlu diragukan lagi. Pada bata jenis CLC hanya menggunakan jenis pasir biasa. Pada dasarnya, bata ringan untuk rumah dua lantai harus memiliki daya tahan yang baik agar rumah dapat bertahan lama.

Proses produksi dibantu dengan teknologi, sehingga menghasilkan bata ringan jenis AAC mampu memproduksi banyak produk setiap harinya.

Seperti namanya, bata ringan ini mempunyai bobot yang sangat ringan. Oleh karena itu, 3 kali lebih ringan dibandingkan bata merah. Sehingga, Bata ringan ini bisa mengapung diatas air dengan ukuran 60 x 20 x 10 cm. Bata ringan ini mampu memberikan kenyamanan yaitu kedap suara. Dengan berat yang ringan otomatis dapat mempercepat pemasangan dan durasi pembangunan rumah. Dengan kata lain, maka akan berpengaruh juga terhadap ongkos atau biaya pembangunan.  Jadi, akan lebih hemat dibanding menggunakan bata merah yang ukurannya lebih kecil.

Namun, apabila bata ringan untuk rumah dua lantai proses konstruksinya dikerjakan pada musim hujan dan lembab. Hal tersebut berpengaruh pada waktu proses pengeringan bata ringan. Akibatnya, proses pengeringannya butuh waktu yang lebih lama. Oleh karena itu  proses pemasangan bata ringan harus selesai dalam kondisi benar-benar kering. Hal tersebut sangat berbeda dari bata biasa. Contohnya, bila tetap memaksakan menggunakan plester sebelum kering dapat menimbulkan bercak kuning pada plesternya.

Pemasangan bata ringan memiliki berbeda dengan pemasangan bata lainnnya. Bata ringan memerlukan perekat khusus yaitu semen instan atau mortar. Pada pemasangan bata ringan biasanya menggunakan semen instan. Penggunaan mortar agar bata ringan dapat merekat dengan sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan tukang yang lebih ahli dan telah berpengalaman. Sehingga, pemasangan bata ringan untuk rumah dua lantai anda sesuai yang diinginkan dapat terwujud.

Bata ringan memiliki kekuatan sama seperti beton yang mampu menopang beban berat

Bata ringan untuk rumah dua lantai juga harus memiliki kekokohan yang tinggi. Fungsinya untuk menghindari kerusakan atau kebusukan. Bata ringan memiliki kekuatan sama seperti beton yang mampu menopang beban berat. Selain itu, mampu menahan api selama 4 jam. Begitu juga tahan terhadap air. Sangat cocok untuk rumah dua lantai, karena ukurannya yang besar dan presisi yang baik untuk pembangunan. 

Bata ringan memiliki pori-pori sebagai pencegah penghantar panas. Berfungsi untuk mempertahankan suhu didalam ruangan. Misalnya seperti musim panas tidak terlalu berpengaruh, karena bata ringan mampu menyerap energi panas. Begitupun dengan Api dan dan air hujan.

Material pondasi yang efisien serta dapat dikerjakan dengan cepat, bata ringan adalah jawabannya

Kesimpulannya meskipun harga bata ringan lebih mahal dibandingkan bata merah dan batako. Tetapi keunggulannya dapat menutupi hal tersebut.

Dari penjelasan bata ringan untuk rumah dua lantai diatas. Kami memiliki beberapa merk yang dapat anda jadikan pilihan untuk pembangunan. Kami bekerjasama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi. Berikut daftar produsen bata ringan yang bekerjasama dengan kami:

  •       Betacon
  •       Acon
  •       Inti Global
  •       BSH (Bata Sentra Utama)
  •       IBI ( PT impian baru Indonesia)
  •       Multicon
  •       Broco

Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri. jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan. Anda bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

–           0858-6060-7370 (call or whatsapp)

Baca Juga :  2 Ukuran Bata Ringan

–           0812-2355-5759 (call or whatsapp)

–           021-7719607 (kantor)

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

 

 

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id