5 Cara Memilih Bata Ringan

5 Cara Memilih Bata Ringan

5 Cara Memilih Bata Ringan
Photo by: freepick.com | Ilustrasi : elitehebel.co.id

Rumah merupakan sebuah kebutuhan pokok manusia, maka dari itu jika anda ingin membangun rumah anda harus memilih dengan betul bahan bangunannya. Apabila salah pilih, bisa-bisa akan berdampak buruk bagi kondisi rumah anda, dan dampak buruknya dapat membuat rumah anda rubuh. Dengan demikian, anda harus mengetahui terlebih dahulu cara milih bata ringan, supaya anda terhidar dari hal-hal diatas. Dan pada artikel ini, saya akan membahas secara lengkap 5 Cara Milih Bata Ringan. Simak artikel ini sampai selesai ya!

5 Cara Memilih Bata Ringan : Pilih Bata Ringan Berwarna Putih

Jenis Bata Ringan
Contoh Jenis Bata Ringan ukuran 7.5 | ilustrasi : elitehebl.co.id

Saat ini terdapat 2 jenis bata ringan, yaitu bata ringan jenis AAC (autoclaved aerated concrete) dan bata ringan jenis CLC (celullar lightweigh concrete). Namun apabila boleh saya rekomendasikan, saya rekomendasikan anda untuk memilih bata ringan jenis AAC, karena bata ringan jenis AAC memiliki kualitas yang lebih bagus jika dibandingkan dengan bata ringan jenis CLC.

5 Cara Memilih Bata Ringan : Pilih Bata Ringan yang kualitasnya sudah terjamin

Proses pembuatan bata ringan bukan merupakan suatu hal yang sulit, maka dari itu anda bisa coba untuk membuatnya sendiri. Karena langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Bikin adukan bata ringan terlebih dahulu yang terdiri atas filler dengan perbandingan 1:2
  2. Lalu tuangkan air ke dalam adukan bata ringan untuk mengencerkannya
  3. Proses pengerjaan harus dikerjakan sampai komposisi bahan pengaduk benar-benar tercampur rata

Kurang lebih seperti itu langkah-langkah dalam membuat bata ringan, mudah bukan? Namun apabila anda membuat bata ringan sendiri di rumah kualitas dari bata ringan itu sendiri belum terjamin. Karena belum melewati tahap uji laboratorium. Maka dari itu saya rekomendasikan anda untuk memilih bata ringan yang kualitasnya sudah terjamin, disini saya sarankan untuk membeli bata ringan jenis Broco. Karena selain kualitasnya sudah terjamin, bata ringan jenis ini sudah memiliki lisensi SNI. Dengan demikian, bata ringan jenis Broco merupakan pilihan terbaik bagi anda yang ingin membeli bata ringan dengan kualitas standar nasional.

Baca Juga :  7 Merek Bata Ringan Terbaik

5 Cara Memilih Bata Ringan : Pengujian Mutu

Langkah selanjutnya adalah anda bisa mengujinya dengan metode yang sederhana untuk mengetahui kualitas bata ringan, caranya adalah dengan menancapkan paku pada bata ringan yang ingin anda ketahui kualitasnya. Metode lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kualitas bata ringan adalah dengan menjatuhkan bata ringan tersebut dari ketinggian 1m dari ata permukaan tanah, jika bata ringan tersebut tidak hancur maka sudah bisa dipastikan kualitas bata ringan tersebut sudah termasuk kategori bata ringan yang bagus dan layak digunakan sebagai bahan bangunan anda.

5 Cara Memilih Bata Ringan : Bentuknya harus Presisi

Ciri khas dari bata ringan yaitu memiliki sisi yang presisi, hal itu yang membedakan bata ringan dengan bata merah atau bahkan batako. Sisi yang presisi tersebut membuat bata ringan mudah untuk digunakan ketika dijadikan sebagai bahan bangunan. Anda juga tidak perlu menambah komponen tambahan seperti plester dalam proses pengerjaanya, karena bata ringan sudah memiliki dinding yang rata, sehingga anda cukup mengaci permukaan bata ringan saja untuk memperhalus sisinya sebelum digunakan sebagai bahan material anda

5 Cara Memilih Bata Ringan : Cek keaslian Bata Ringan

Tidak hanya baju atau sepatu saja yang sudah ada produk KW atau tiruan, saat ini bata ringan pun tak luput dari proses duplicate product . Jumlah demand serta harga yang tinggi membuat para oknum memanfaatkan momen ini untuk menambah pendapatan mereka secara illegal.  Maka dari itu anda harus lebih selektif lagi jika ingin membeli bata ringan, jangan sampai bata ringan yang anda pilih tidak memiliki kualitas yang sesuai standarnya.

Setelah membahas 5 Cara Memilih Bata Ringan, kali ini saya akan membahas jenis bata ringan yang sata ini sudah banyak digunakan masyarakat. Jenis Bata Ringan tersebut yaitu: Bata Ringan AAC dan Bata Ringan CLC, untuk mengetahui secara lengkap tentang kedua jenis bata ringan tersebut, mari simak penjelasan dibawah ini:

Baca Juga :  Hadirkan Kesan Hunian Industrial dengan Batu Bata Hebel

5 Cara Memilih Bata Ringan : Jenis Bata Ringan Bata Ringan AAC (Autoclaved Aerated Concrete)

Bata ringan AAC ini memiliki komposisi pasir silika, semen, kapur dan air. Lalu semua bahan tersebut dicampurkan, setelah itu dimasukan kedalam mesin autoclaved. Pemrosesan ini menggunakan mesin dan dilakukan menggunakan uap bertegangan tinggi yang memiliki suhu sebesar 200 derajat celcius, hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memicu terjadinya reaksi antara pasir silika dan kapur. Proses  produksi tersebut menghasilkan bata ringan yang memiliki pori-pori udara dan faktor itu yang membuat bobot bata ini menjadi ringan jika dibandingkan bata merah.

5 Cara Memilih Bata Ringan : Jenis Bata Ringan Bata Ringan CLC (Cellular Lightweight Concrete)

Bata hebel CLC menggunakan komponen sebagai berikut: semen, pasir kuarsa, kapur, gypsum, air dan pasta aluminium, sementara bata hebel AAC menggunakan komponen sebagai berikut: pasir, semen, air, dan busa. Untuk pasirnya sendiri berasal dari pasir sungai yang memiliki ukuran 4, 6, 8 mm tergantung tingkat kepadatan bata ringan yang diinginkan

5 Cara Memilih Bata Ringan : Ukuran Bata Ringan

Ukuran Bata Ringan/ Hebel Tradisonal

Ukuran bata ringan lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan bata merah, selain itu bata ringan juga dibedakan berdasarkan jenis dan ukurannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ukuran normalnya adalah 2000 kg/m3
  • Ukuran keringnya adalah 1500 kg/m3
  • Ketebalan spesi dari bata ringan adalah 20-30 mm
  • Ukuran Produktivitasnya adalah O,380 W/mK

5 Cara Memilih Bata Ringan : Ukuran Bata Ringan/Hebel AAC

  • Panel lantai RR 4.4 dengan dinding maksimal seluas 3 m
  • Apabila tanpa plester super panel dinding 3 m dengan tebal 10 cm
  • Apabila tanpa plester super panel dinding 3 m dengan tebal 7,5 cm
  • Sebagai pasangan bata hebel menggunakan PM 200 thinbed mortar
  • AAC jumbo blok memiliki ukuran tinggi 7,5/10/12/5/20 cm x lebar 20 cm x Panjang 60 cm
  • AAC blok hebel tinggi 7,5/10/12/5/20 cm x lebar 40 cm x panjang 60 cm

 

5 Cara Memilih Bata Ringan : Ukuran Bata Ringan/Hebel 10

Ukuran jenis ini memiliki standar ukuran  10 cm x 20 cm x 60 cm. Meskipun ukurannya lebih panjang, namun masa pada jenis bata ringan/hebel ini tidak mengalami perbedaan yang signifikan apabila dibandingkan bata ringan dengan ukuran 7,5

Bagaimana? Apakah setelah menyimak artikel diatas anda sudah dapat memutuskan bahan apa  yang cocok dijadikan sebagai material pembangunan anda? Atau anda masih ingin mempelajari tentang bata ringan ini. Tidak usah khawatir, kami akan dengan senang hati meyelesaikan permasalahan anda.

PT Elite Hebel adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan ,semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

Distributor Bata Ringan
ilustrasi : elitehebel.co.id
  • Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami, karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan di proses setiap harinya.

  • Kepastian waktu distribusi 

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat, karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang di sepakati ketika proses transaksi.

  • Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilij karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan, menjadikan pekerjaan oembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

Kami berkerja sama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi, berikut daftar produsen bata ringan yang berkerja sama dengan kami:

  • Betacon
  • Acon 
  • Inti Global
  • BSH (Bata Sentra Utama)
  • IBI ( PT impian baru Indonesia)
  • Multicon 
  • Broco

Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri, jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

Baca Juga :  Mengenal Bata Ringan dan 6 manfaat bata ringan

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id