3 Cara Pemasangan Bata Ringan yang Benar

3 Cara Pemasangan Bata Ringan yang Benar

cara pmasangan bata ringan yang benar
Ilustrasi : elietehebel.co.id

 

 

Konstruksi pembangunan pada dinding rumah, kantor bahkan gedung- gedung tinggi kini sudah banyak yang menggunakan bata ringan atau Hebel, salah satu faktornya adalah karena Hebel diproduksi dengan teknologi modern sehingga mampu menghasilkan ribuan produk setiap harinya, lalu bagaimana cara pemasangan bata ringan yang benar agar bangunan dapat bertahan lama?.

Bata ringan dikenal ada 2 jenis yaitu Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC). Bata ringan termasuk jenis bata baru, jenis AAC berasal dari di Swedia pada tahun 1923 sebagai alternatif material bangunan untuk mengurangi penggundulan hutan. Kemudian bata ringan AAC pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1995 dengan didirikannya Pabrik AAC di Karawang, Jawa Barat.

Sebagai bata jenis baru, bata ringan pun memiliki banyak perbedaan dibandingkan jenis batako dan bata merah. Pesaingnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih berat. Kekokohan bata ringan tidak perlu diragukan lagi karena bata ringan memiliki komposisi bahan seperti beton, tidak perlu dikhawatirkan lagi apabila terjadi sebuah goncangan.

Cara pemasangan bata ringan yang benar tidak begitu berbeda dengan batako dan bata merah, bata ringan memiliki semen khusus yaitu semen instan atau mortar

Cara pemasangan bata ringan yang benar tidak begitu berbeda dengan batako dan bata merah, bata ringan memiliki semen khusus yaitu semen instan atau mortar. Keuntungan menggunakan mortar adalah tidak perlu mencampurkannya lagi dengan pasir, apabila ingin diaplikasikan hanya membutuhkan campuran air. Sebagai informasi, dengan ukuran bata ringan sebesar 60 x 20 x 10 cm maka satu sak mortar bisa digunakan untuk 1 m2 bata ringan, karena hanya dibutuhkan 2 mm mortar untuk menempelkan antar bata ringan, lebih irit bukan?.

https://project.elitehebel.co.id/ukuran-bata-ringan-definisi-bata-ringan/

Seperti namanya, bata ringan memiliki bobot yang ringan sehingga mampu mempercepat durasi pembangunan dan menghemat biaya tukang

Perlu diketahui bahwa mortar pun memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya, ada yang hanya untuk melekatkan, ada juga yang hanya untuk mem-plester dan yang terakhir hanya untuk mengaci. Namun ada juga mortar yang memiliki dua fungsi yaitu mem-plester dan mengaci, semua tergantung merk. 

Sama halnya seperti batako dan bata merah, pembangunan dinding menggunakan bata ringan  juga membutuhkan bahan perekat, plesteran, serta acian. Untuk memberikan finishing yang optimal serta penggunaan bahan yang efisien. Maka dari itu dibutuhkan cara pemasangan bata ringan yang benar agar hasilnya rapi, kuat dan tahan lama.

Bagaimana cara pemasangan bata ringan yang benar (merekatkan) ?

cara pemasangan bata ringan yang benar
Imange : DecorexPro | Ilustrasi ; elitehebel.co.id

Pertama, siapkan alat dan bahan, untuk bahan siapkan bata ringan, semen instan atau mortar dan air.

Kedua, kuatlah pasta semen instan dengan mencampurkannya air, perbandingannya 9-10 liter air untuk 40kg, gunakan air bersih agar dapat melekat dengan baik.

Ketiga, siapkan perekat dengan ketebalan 2-3 mm antar kolom, dan  ketebalan 10-20 mm sebagai alas bata ringan. Disusun mulai dari sudut tembok, pastikan pemasangan rapi, lurus dan sejajar. 

Dan yang terakhir, biarkan selama 24 jam untuk pengeringan sempurna. Setelah kering dilanjut dengan tahap plester 

Bagaimana cara pemasangan bata ringan yang benar (memplester) ?

 

Baca Juga :  Bata Ringan Terbaik 2021
cara pemasangan bata ringan yang benar
image : hebel.com | ilustrasi : elitehebel.co.id

Setelah kering dan melekat dengan sempurna, tahap selanjutnya adalah plester. Plester berguna untuk memperkokoh dan mengikat bata ringan agar lebih kuat. Pertama, sebelum masuk ke tahap plester, bersihkan dahulu tembok bisa dengan di percik-percikan air secukupnya.

Kedua, untuk pasta plester perbandingan air dan mortar nya berbeda dengan yang diatas, yaitu 6-6,5 liter air un

tuk 40 kg kemudian digunakan dengan ketebalan 10 mm.

Ketiga, pastikan hasil plester tidak terpapar matahari agar tidak terlalu cepat kering dan hasilnya bagus.

Sebelum di aci biarkan plester selama kurang lebih 3 minggu setelah penyusutan berhenti. Apabila peng-acian dilakukan ketika plester dalam kondisi masih basah maka akan mengakibatkan keretakan kecil atau retak rambut akibat penyusutan plesteran.  

Bagaiman cara pemasangan bata ringan yang benar (mengaci) ?

cara pemasangan bata ringan (mrngaci)
image : hebel.com | ilustrasi : elitehebel.co.id

Tahap selanjutnya yaitu acian. Acian berfungsi untuk menutup pori-pori sehingga memperhalus sisi luar dinding. Tembok akan tetap aman apabila lembab karena pori-pori sudah ditutup dan tidak akan terjadi pelapukan. Pasta acian lebih cair dibandingkan perekat dan plester yaitu dengan perbandingan 13-15 liter air untuk 40 kg. dengan ketebalan acian yaitu 1-3 mm.

Demikianlah cara pemasangan bata ringan yang benar, dari mulai pemasangan-plester-acian. Untuk perbandingan campuran air dan semen pada pasta itu tentative sesuai keinginan. Semoga dapat membantu menjadi acuan dan bisa menghasilkan bangunan yang rapi serta mulus pada bangunan anda.

PT Elite Elite Sukses Bersama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan ,semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

Value yang dipegang oleh PT Elite Sukses Bersama :

  1. Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami, karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan diproses setiap harinya.

  1. Kepastian waktu distribusi

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat, karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati ketika proses transaksi.

  1. Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilih karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan, menjadikan pekerjaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

         Kami bekerjasama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi, berikut daftar produsen bata ringan yang bekerjasama dengan kami:

  •         Betacon
  •         Acon
  •         Inti Global
  •         BSH (Bata Sentra Utama)
  •         IBI ( PT impian baru Indonesia)
  •         Multicon
  •         Broco

Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri, jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

–          0858-6060-7370 (call or whatsapp)

–          0812-2355-5759 (call or whatsapp)

–          021-7719607 (kantor)

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

 

Baca Juga :  Tips Memilih Hebel Berkualitas dan 2 Ukuran Hebel

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id