3 Perbedaan Hebel dengan Batako

Perbedaan Hebel dengan Batako

perbedaan hebel dengan batako
perbedaan hebel dengan batako | ilustrasi : Elitehebel.co.id

Perbedaan Hebel dengan Batako. Semakin bertambahnya populasi di dunia khususnya di Indonesia harus diimbangi dengan pembangunan baik rumah, perumahan komplek, perumahan cluster, bangunan apartemen, hingga gedung bertingkat. Mungkin developer sudah mengetahui perbedaan hebel dengan batako, namun mandor yang di tempat yang jauh dari perkotaan mungkin belum mengetahui perbandingan hebel dengan batako. Perbedaan hebel dengan batako terlihat jelas dari fisik luarnya karena hebel memiliki bentuk yang lebih besar daripada batako. 

Perbedaan hebel dengan batako juga terlihat dari segi pembuatannya dan bahan bakunya. batako sendiri memiliki bahan dasar yaitu air, semen, batu kerikil, dan pasir. Sedangkan hebel sendiri memiliki bahan baku seperti semen, pasir kuarsa dan gypsum yang dicampur dengan pasta alumunium. Lalu perbedaan hebel dengan batako yang lain juga dalam proses pembuatannya. Pembuatan batako masih melalui proses manual dan konvensional sehingga tidak efektif dan efisien dari segi waktu. Berbeda dengan hebel, hebel sudah menggunakan teknologi sebagai proses pembuatannya sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan juga tenaga.

Jenis hebel AAC dan CLC

Bata Ringan Inti
Bata Ringan 

Yang umum diketahui bahwa perbedaan hebel dengan batako yaitu dari jenis nya juga. Batako pada umumnya hanya memiliki satu jenis. Berbeda dengan hebel, hebel memiliki dua jenis yaitu hebel AAC dan hebel CLC. Kedua jenis hebel tersebut memiliki bahan baku yang sama tetapi yang membedakan adalah dari proses pengeringan dan hasil nya. 

Hebel jenis AAC (Auto Aerated Concrete) melalui proses pengeringan menggunakan mesin dengan suhu yang sangat panas sehingga tidak memakan waktu yang lama dan juga memiliki warna putih cerah. Sebaliknya, hebel jenis CLC (Cellular Lightweight Concrete) melalui proses pengeringan alami yang menggunakan tenaga matahari sehingga cukup memakan waktu ketika proses pengeringannya dan juga memiliki warna yang sedikit gelap dibanding dengan warna hebel AAC.

Setelah membahas mengenai perbedaan hebel dengan batako secara umum, mari kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari hebel dan batako itu sendiri lebih lanjut.

Spesifikasi dari Batako

kelebihan:

  • bentuknya kecil

Batako memiliki bentuk dengan ukuran kecil, sehingga ketika ingin membangun atau merenovasi dengan ukuran ruangan yang tidak terlalu besar maka bisa menggunakan batako.

  • Harga murah

Jika ingin membuat kolam hias dengan ukuran kecil sampai ruangan yang tidak terlalu besar yang membutuhkan sedikit bahan untuk mendirikannya, batako bisa dibeli satuan dengan harga yang murah.

  • Mudah didapatkan

Batako sendiri sudah sejak lama di produksi masal dan dijual massal untuk kebutuhan membangun, maka dari itu batako sudah banyak yang menjual.

 

Baca Juga :  Jual Hebel Multicon Kualitas Terbaik | 0812-2355-5759

Kekurangan:

  • Insulator suhu kurang baik

Batako sendiri tidak bisa menjadi insulator suhu yang baik karena batako tidak dapat menghalau dengan baik suhu panas dari luar sehingga ketika suhu diluar sedang panas dan suhu didalam ruangan sedang dingin maka suhu panas dari luar masuk dan suhu dingin dari dalam ruangan keluar.

  • Ukuran tidak selalu presisi

Batako sendiri juga masih melalui proses pembuatan manual tanpa teknologi pengeringan dan proses pembentukan yang masih kurang presisi jadi terkadang antara batako yang satu dengan yang lain sedikit berbeda ukuran sehingga ketika proses pemasangan batako terkadang pula membutuhkan plester lebih untuk meratakan dinding.

  • Pemasangan memakan waktu

Batako memiliki ukuran yang kecil maka ketika pembuatan ruangan yang besar maka membutuhkan waktu yang lama.

  • Bobot yang berat

Batako sendiri ketika sudah selesai pemasangannya menjadi bangunan yang memakai batako sebagai dinding bangunan itu sendiri memiliki bobot yang berat sehingga membebani struktur yang menopangnya.

Spesifikasi dari hebel

Kelebihan:

 

  • Ketahanan sekuat beton

Dimensi dan bentuk bata ringan memang tidak jauh berbeda dengan batu bata konvensional, namun ia memiliki bobot 3 kali lebih ringan dibandingkan dengan bata merah dan batako.

Karena terbuat dari campuran bahan yang sama dengan bahan pembuat beton, bata ringan pun memiliki ketahanan yang sama kuatnya dengan beton. Ketahanan bata ringan pun memenuhi standar bahan bangunan anti gempa.Tak heran, kalau bata ringan awalnya lebih populer digunakan sebagai bahan bangunan untuk gedung-gedung bertingkat dan mall.

  • Proses pemasangan lebih cepat

Dibanding dengan bata yang dicetak dengan cara tradisional, bata ringan memiliki dimensi yang lebih presisi dan tingkat kerataan permukaan yang lebih baik. Keunggulan dari bata ringan ini jelas mempercepat proses pengerjaan konstruksi bangunan.

Memiliki bobot yang ringan turut memudahkan proses pemasangan bata ringan sehingga mendapatkan hasil yang lebih rapi. Namun untuk merekatkan tiap-tiap dari bata ringan, diperlukan semen khusus berupa semen instan atau mortar.

  • Insulator yang baik

Selain memperingan dan memperkuat bangunan, bata ringan juga mampu melindungi bangunan secara utuh. Pori-pori di permukaan bata ringan yang menurunkan berat massa bata mampu menyerap panas udara dari luar bangunan dan mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan. Karena memiliki bentuk yang cukup solid dan memiliki tekstur padat, bata ringan juga termasuk material bangunan yang kedap suara sehingga mampu menghalau suara bising masuk ke dalam ruangan.

  • Finishing dinding lebih mudah

dalam tahapan finishing bata ringan telah memiliki tekstur permukaan yang halus dan rata sehingga tidak memerlukan perlapisan yang tebal pada permukaannya. Bahkan permukaan bata ringan bisa langsung di cat atau dibiarkan terbuka jika menginginkan tampilan dinding ekspos.

  • Menghemat biaya pembangunan rumah

Harga satuan dari bata ringan memang lebih mahal dari bata merah. Namun jika menggunakan bata ringan sebagai bahan untuk membangun rumah, anda bisa menghemat biaya pemakaian plester sebanyak 50 persen. Proses pemasangan bata ringan yang lebih praktis dan cepat juga dapat mengurangi biaya harian pekerja bangunan.

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal jika satuan

Hebel memiliki harga yang lebih mahal jika dibeli satuan atau dalam jumlah yang sedikit karena dari bahan baku pembuatan dan teknologi pembuatannya memakan biaya yang tidak sedikit.

  • Butuh tenaga ahli untuk memasangnya

Hebel ketika proses pemasangannya memang mudah tetapi ketika aplikator tidak terlalu mengerti maka hasil dari pemasangannya juga terlihat tidak rapi dan sangat terlihat bedanya jika aplikator handal yang memasangnya.

Sekian perbedaan hebel dengan batako yang bisa disebutkan, mungkin masih banyak kelebihan dari hebel maupun batako yang tidak bisa disebutkan tetapi secara umum begitulah perbedaan hebel dengan batako. Setelah mengetahui perbedaan hebel dengan batako secara umum saya ingin memberitahu juga perusahaan distributor hebel yang menjual hebel dengan harga murah dan menggapai pengiriman yang luas ke seluruh Indonesia.

PT Elite Sukses Bersama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan ,semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

Value yang dipegang oleh PT Elite Sukses Bersama

  • Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami, karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan diproses setiap harinya.

  • Kepastian waktu distribusi 

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat, karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati ketika proses transaksi.

 

  • Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilih karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan, menjadikan pekerjaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

Bata Ringan Acon
Bongkar Muat Bata Ringan

Kami bekerjasama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi, berikut daftar produsen bata ringan yang bekerjasama dengan kami:

  • Betacon
  • Acon 
  • Inti Global
  • BSH (Bata Sentra Utama)
  • IBI ( PT impian baru Indonesia)
  • Multicon 
  • Broco

Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri, jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

Baca Juga :  Mengenal Bata Ringan dan 6 manfaat bata ringan

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id