Ciri-ciri Rumah Minimalis Modern Berkualitas di Tahun 2021

Dewasa ini, banyak masyarakat yang mulai melirik rumah minimalis modern. Terutama pasangan yang baru menikah. Hal ini karena rumah minimalis modern mempunyai berbagai keunggulan. Salah satunya adalah hadir dengan berbagai desain yang menarik. Menariknya, rumah yang sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat ini mempunyai beberapa ciri khas.

Yakni dari segi ‘kesederhanaan’ desainnya. Sehingga, perabotan yang bisa Anda masukkan ke dalam rumah harus benar-benar diperhatikan, alias harus dibatasi. Karena memang ukuran rumah yang tidak begitu besar.

Karena ini jugalan Anda dituntut mampu menata berbagai perabotan dengan tepat, rapi, dan cantik, supaya tidak terkesan sempit. Model rumah minimalis ini sangat cocok untuk area perkotaan yang notabenenya memiliki lahan terbatas.

Nah, jika Anda tinggal di kota dan sedang berencana membangun rumah, rasanya rumah minimalis modern ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Ciri-ciri rumah minimalis modern

Sepertinya, nyaris semua orang bermimpi bisa tinggal di hunian yang minimalis, nyaman, dan elegan. Terutama bagi sepasang pengantin baru. Karena di awal pernikahan, biasanya sepasang suami istri lebih menginginkan kehidupan yang sederhana.

Salah satu wujud kesederhanaan tersebut adalah tinggal di rumah yang sederhana. Meskipun sederhana, rumah yang diidam-idamkan tentu tetap mempunyai kesan modern, kekinian, elegan, dan mewah. Ia kan?

Maka, satu-satunya pilihan yang paling tepat adalah dengan membangun rumah minimalis modern.  Sebagaimana yang kita tahu, bahwa rumah minimalis mempunyai tampilan yang sangat indah.

Baik dari segi interior maupun eksterior. Berdasarkan berbagai sumber nih, disebutkan loh, bahwa gaya arsitektur modern ini terpengaruh dari perkembangan arsitektur modern dari pertengahan abad 20 M.

Saat itu, perkembangan industri penerbangan dengan perjalanan luar angkasa berkembangan sangat pesat. Hal ini kemudian menjadi inspirasi atas terbentuknya bentuk-bentuk desain aerodinamis, dan juga maraknya pengeksplorasian penggunaan material besi di dunia arsitektur masa itu.

Kalau di Negara kita sih, gaya arsitektur yang modern sudah ada dari abad ke 19 M sampai pertengahan 20 M. Untuk saat ini, mungkin Anda sudah mendamba-dambakan rumah minimalis modern.

Nah, sebelum benar-benar mewujudkannya, ada baiknya jika Anda mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Hitung-hitung sebagai persiapan awal.

Lebih mengutamakan fungsi daripada bentuknya

Selama ini, rumah tradisional yang kita kenal kerap lebih mementingkan nilai estetika atau tampilan dibandingkan fungsinya. Hal ini berbeda halnya dengan rumah minimalis modern yang justru lebih mengedepankan fungsi atau tujuan pembuatannya.

Sehingga, arsitektur-arsitektur yang bergaya modern akan lebih memperlihatkan fungsi pada tiap ruangannya. Sehingga, bagaimana dan seperti apapun bentuknya pasti mempunyai fungsi yang akan mendukung segala kegiatan Anda. Meskipun demikian, bentuk rumah modern tetap tidak kalah menariknya kok dengan rumah tradisional.

Hubungan dengan lingkungan sekitar

Pada umumnya, rumah yang bergaya arsitektur modern mempunyai hubungan topografi dari tapak atau topografi yang tergolong sangat erat. Misal, fallingwater house yang mempunyai hubungan antara eksterior dengan interiornya.

Ornamen jelas

Ciri-ciri rumah minimalis modern berikutnya adalah ornamennya jelas. Dalam sebuah bangunan, ornament mempunyai peran yang sangat penting. Hal ini karena keberadaannya sangat mendukung kenyamanan di sebuah rumah yang akan Anda tinggali.

Kalau pada rumah minimalis modern, Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun penggunaan ornamen agak dikurangi tetap tidak akan mengurangi kenyamanan Anda kok. Jika di dalam rumah minimalis terdapat ornament, maka ornamennya jelas. Bentuknya sangat sederhana, yaitu vertical, horizontal ataupun diagonal.

Elemen garis simetris dan bersih

Biasanya, rumah yang mempunyai arsitektur modern mempunyai elemen garis yang cukup kuat. Baik itu garis-garis asimetrik ataupun garis horizontal dan vertikal. Pada rumah minimalis modern sering digunakan garis vertikal dan horizontal. Sementara garis asimetrik, tergolong sangat jarang digunakan.

Rancangan yang terbuka, banyak menggunakan elemen kaca

Rumah minimalis modern biasanya mempunyai denah lantai yang cukup terbuka, karena memang adanya pembatasan ruangan. Selain itu, hampir semua rumah modern memanfaatkan kaca yang menjadikannya terkesan lebih terbuka. Memanfaatkan kaca menjadikan rumah tampil lebih elegan, cantik, dan modern.

bedroom 5772286 960 720
sumber gambar: pixabay

Material Rumah minimalis modern berkualitas

Dengan ciri-ciri di atas, kita bisa menyimpulkan, bahwa rumah minimalis mempunyai berbagai keunggulan, sehingga sangat menarik untuk digunakan, apalagi di tengah perkembangan yang sangat luar biasa.

Di balik keindahan rumah minimalis tersebut, terdapat berbagai material yang digunakan. Di mana, material-material inilah yang menjadikan rumah minimalis Anda bisa berdiri kokoh, indah, dan menawan. Tanpa adanya material-material utama dan pendukung, tentu rumah minimalis bukanlah apa-apa.

Nah, itulah alasan mengapa sangat penting memperhatikan material yang akan digunakan dalam pembuatan rumah minimalis modern. Dengan memperhatikan kualitas material, tentu rumah Anda akan lebih kuat, gagah, dan sudah pasti tahan lama.

Kira-kira, ada apa saja material pembuat rumah minimalis? Sebenarnya, ada banyak sekali material-material pembuatnya, namun di artikel ini, kita hanya akan membahas beberapa saja.

  1. Bata ringan

Material pertama adalah batang ringan atau hebel. Untuk saat ini, hebel kerap dijadikan sebagai bahan bangunan yang sangat penting. Hal ini karena kualitasnya yang sangat baik. Bahkan, material satu ini mempunyai berbagai keunggulan atau kelebihan.

Seperti bobotnya yang ringan, ketahanan sama seperti beton,insulator suhu yang sangat baik, proses pemasangan yang lebih cepat, finishing akan lebih mudah, kedap air dan suara, hingga hemat biaya pemasangan, Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar jika mulai banyak masyarakat yang beralih ke bata ringan. Yang menariknya adalah, meski ‘bata ringan’, ia juga mempunyai daya tahan yang sangat baik loh. 

Saat ini, bata ringan / hebel dapat dengan mudah kita beli baik dari toko material terdekat ataupun dari marketplace. Bahkan jika membutuhkan dalam volume yang besar, kita bisa membeli langsung ke distributor hebel / bata ringan yang ada di kota di mana kita tinggal.

  1. Kaca

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bahwasanya rumah minimalis modern masa kini kerap menggunakan konsep yang lebih terbuka. Sehingga tergolong lumayan banyak menggunakan kaca.

Bahan modern satu ini bukan hanya bisa membuat rumah Anda lebih terbuka dan luas, tapi juga dapat membuat sirkulasi cahaya jauh lebih baik loh. Untuk mengetahui kaca berkualitas, Anda bisa memperhatikan ketebalannya. Biasanya, semakin tebal kacanya, maka bisa menjadi indikasi semakin berkualitas kaca tersebut. Hanya saja, harganya tentu akan semakin mahal ya.

  1. Kayu

Material selanjutnya adalah kayu. Sampai saat ini, material kayu tampaknya memang masih sangat susah untuk digantikan. Terutama pada rumah-rumah modern. Karena dengan menggunakan kayu, maka rumah Anda akan terlihat lebih cantik, asri, dan natural, atau bahkan bisa terkesan lebih unik.

Memang,  satu sisi, material kayu alami mempunyai kualitas yang sangat baik, namun di sisi lain, penggunaan kayu yang terus menerus bisa berakibat buruk bagi lingkungan. Maka, usahakan untuk tidak begitu banyak menggunakan kayu asli atau murni ya. Tenang saja, karena untuk mendapatkan kesan natural, Anda bisa mulai beralih menggunakan kayu sintetis saja yang lebih ramah lingkungan.

Nah, itulah dia beberapa pembahasan penting mengenai rumah minimalis modern. Gimana, keren kan? Yuk rancang rumah minimalis Anda sekarang.

 

Baca Juga :  Konsep Rumah Joglo untuk Hunian Tahun 2021

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id