Semen Mortar – Pengertian, Fungsi, Kegunaan, Bahan Dan Jenisnya.

Semen Mortar

semen mortar bata ringan
semen mortar bata ringan

Semakin berkembang pesat zaman dan teknologi, dampak dari adaptasi perkembangan ini pun berpengaruh terhadap bahan bangunan. Semen Mortar tercipta pengganti semen pada umumunya yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembangunan rumah, ataupun pembangunan lainnya. namun sekarang terdapat semen mortar atau masyarakat sering menyebutnya dengan mortar plester yang digunakan sebagai bahan seperti semen tetapi lebih efisien,instan dan cepat.

Tentunya dengan kehadiran semen mortar atau mortar plester ini menjadi sebuah solusi yang memberikan manfaat yang cukup dibutuhkan didalam perkembangan jaman yang selalu menuntut untuk lebih bergerak lebih cepat. Dengan adanya semen instan ini atau disebut dengan mortar plester sebuah inovasi yang mengatasi masalah dalam pembangunan yang harus diselesaikan secara cepat.

Pengertian Semen Mortar

 

plester mortar
image : hebel.com | ilustrasi : elitehebel.co.id

Apa Itu Semen Mortar ?

Apabila anda pernah melihat sebuah bangunan tempat tinggal atau sebagianya, dan anda saat mendengar nama semen mortar terlihat asing, Alangkah baiknya anda untuk tau terlebih dahulu tentang apa itu mu acian atau mortar plester? Biasanya masyarakat menggunakan semen instan ini karena dalam penggunaaanya dapat diterapkan dengan sangat mudah.

Semen ini merupakan bahan bangunan yang sangat gampang untuk digunakan atau diaplikasikan. Tanpa perlu memanfaatkan banyak campuran dengan material lain, tipe ini juga dapat dipakai secara langsung. Dalam pemakaiannya juga sangat mudah, semen mortar hanya dicampur dengan air biasa saja setelah itu anda langsung dapat menggunakannya baik untuk menyusun dinding ataupun dapat dimanfaatkan sebagai perekat keramik tergantung pada jenis semen mortar tersebut

Hal ini merupakan sebuah inovasi baru, yang mana jadi bahan bangunan alternatif. Secara umum mortar plester menjadi pengganti bahan semen dan pasir konvensional. Serta dengan banyaknya dan berbagai keistimewaan yang ditawarkan, agar dapat jadi produk yang lebih praktis, efektif dan berkualitas.

Semen mortar sangat cocok untuk digunakaan sebagai hasil yang telah anda rencanakan seperti contoh jika anda ingin mempunyai hasil tampilan yang unik atau finishing bangunan dengan kesan yang estetik`. Jenis semen ini punya sebagian bagian dan klasifikasi cocok dengan kegunaannya sesuai dengan jenis semen mortar plester sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Hadirkan Kesan Hunian Industrial dengan Batu Bata Hebel

Fungsi dan Kegunaan Semen Mortar

semen mortar
semen mortar

Jenis semen ini selain lebih efisien dan lebih cepat pengerjaanya juga bagi kebanyakan orang untuk memberikan hasil bangunan dengan sangat indah dan bagus sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan. Tak hanya itu, di dalam penggunaannya termasuk dapat membuahkan nilai estetika terhadap suatu bangunan. Tentunya di dalam sebuah bangunan aspek keindahan jadi nilai mutlak atau sebagai perhiasan utama.

Ketika di dalam sistem pembangunan, hal yang jadi penentu kualitas kualitas bangunan terletak terhadap penentuan pasirnya. Tak hanya itu, dari aspek tukang bangunan termasuk dapat beri tambahan dampak terhadap kualitas bangunan.

Apabila suatu adukan yang dihasilkan tidak membuahkan atau punya kualitas bahan yang bagus. Maka suatu campuran materialnya jadi tidak dapat terkontrol dengan baik. Hal berikut dapat memicu atau menyebabkan suatu permasalahan. Mulai dari tanda-tanda dinding yang retak, susunan dinding tidak rapi, terdapatnya rembesan air, timbulnya jamur dan plesteran dinding yang rapuh dan juga masih banyak tanda-tanda lainnya.

Namun, kini tak perlu khawatir dan bimbang. Dikarenakan telah hadirnya sebuah inovasi semen atau bahan bangunan baru, saat ini Anda tidak perlu ragu dengan kualitas yang diberikan. Dengan terdapatnya semen mortar atau sebuah semen instan, tidak perlu diragukan kembali kualitas bahan yang diciptakan.

Secara umum, mu acian adalah sebuah bahan bangunan hasil pabrik. Yang mana hasil campuran pada pasir, semen dan bahan lainnya dan juga sangat berfaedah untuk manfaat pembangunan. Sering dipergunakan dan dimanfaatkan untuk memasang keramik, merekatkan batu bata dan apalagi melaksanakan sistem pengecoran.

Tak hanya itu, semen mortar termasuk kerap dipakai untuk membuahkan finishing yang indah atau dapat membuahkan nilai keindahan yang berbeda. Ketika bangunan udah siap untuk digunakan, namun pemilik menghendaki beri tambahan sebuah nilai estetika atau keindahan maka tak ada salahnya untuk Mengenakan tipe semen ini. Bila memanfaatkan terhadap finishing dapat menyebabkan kesan bangunan yang industrial.

Baca Juga :  Model Rumah Sederhana Tapi Indah

Bahan Semen Mortar

Dalam sistem pembuatan semen instan ini sangatlah berlainan dengan sistem pembuatan tipe semen biasanya. Umumnya, di dalam pembuatannya udah memanfaatkan sebuah teknologi yang didesain sedemikian rupa. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah sistem pencampuran pada komponen penyusunnya.

Selain itu, terhadap prosesnya sangat diperhatikan fungsi menjamin kualitas dan merawat kualitas semen yang akan dihadirkan atau diperjualbelikan. Sesuai dengan sistem pembuatannya, bahan yang digunakan untuk memicu semen mortar termasuk berlainan dengan bahan semen biasa.

Apabila dibandingkan dengan semen biasa, bahan pembuatnya hanya membutuhkan satu tipe bahan saja. Sedangkan untuk mu acian ini merupakan percampuran pada semen zat aditif dengan pasir silika. Serta tak lupa tambahan sebagian material lainnya yang dicampur sampai menyatu jadi satu.

Berbagai bahan pembuat dan kandungan yang ada di di dalam mortar plester sangat beri tambahan kemudahan bagi penggunanya. Mampu membantu finishing yang lebih efisien. Sehingga dapat mempersingkat kala pengerjaan dan punya kualitas bangunan yang bagus.

Jenis-Jenis Semen Mortar

Umumnya, semen ini mempunyai lebih dari satu model dari klasifikasi pembagiannya. Hal selanjutnya sesuai bersama dengan manfaat dan pengaplikasiannya. Kebanyakan umumnya terdapat 4 jenis semen mortar.

Secara garis besar, pemanfaatan semen mortar ini kerap dipakai masyarakat karena mampu memberikan keistimewaan berupa kualitas bangunan yang bagus dan sangat ekonomis. berikut jenis mortar dan kegunaanya, diantaranya :

1. Mortar Plester / Perekat Bata Ringan (Thin Bed Mortar)

mortar plester
mortar plester

Mortar ini digunakan untuk merekatkan bata ringan (hebel) atau biasanya disebut juga dengan lem hebel. Penggunaanya lebih efisien dibandingkan dengan semen konvensional, karena jika kita menggunakan bata ringan Thin Bed Mortar ini cukup mengoleskan tipis saja untuk merekatkannya.

Baca Juga :  Bata Ringan VS Bata Merah

2. Mortar Plester Dinding (Grand Mortar)

plester mortar
plester mortar

Plester Dinding atau Grand mortar ini dapat digunakan untuk memplester dinding, mortar jenis ini dapat digunakan untuk bata ringan, batako, ataupun bata merah.

3. Mortar Plester Acian Instan (Super Bon SB 168 Acian)

plester mortar
plester mortar

Mortar acian atau Super Bon SB 178 Acian ini dikhususkan untuk dapat menghaluskan permukaan dinding. dengan memakai mortar acian instan dapat menghemat waktu serta biaya karena tidak membutuhkan plamir untuk menghaluskan permukaan dinding , jadi dinding dapat dicat secara langsung.selain itu mortar acian ini membuat tembok semakin padat.

4.Mortar Plester Pemasangan Keramik (Super Bond SB 128)

Desain tanpa judul
plester mortar

 Mortar Pemasangan Keramik / Super Bond SB 128 digunakan khusu untuk memasang dan merekatkan keramik dengan kuat.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dalam penggunaan mortar sebagai pengerjaan konstruksi bangunan, selain itu terhadap waktu pengerjaan juga lebih singkat sehingga biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih hemat dan irit, karena Mortar sangat praktis penggunaanya sehingga tidak perlu mencampurkan bahan manual lagi.

Distributor bata ringan
Distributor bata ringan

Dari pengertian semen mortar, jenis fungsi dan kegunaanya, tentunya anda harus menemukan distributor yang tepat untuk membantu melayani kebutuhan anda agar sesuai keinginan, PT. Elite Sukses Bersama adalah distributor dan supplier bahan bangunan sejak tahun 2016 dengan berbagai macam produk utamanya yaitu bata ringan (hebel) dan semen mortar atau plester mortar. Perusahaan ini telah berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai perusahaan distributor yang menyuplai material bahan bangunan terpercaya dan termurah serta berkualitas, Hingga saat ini PT. Elite Sukses Bersama telah beroperasi melakukan pengiriman secara luas pada area Jabodetabek dengan kecepatan pengiriman dan pelayanan sebagai prioritas perusahaan. Kami menerima konsultasi secara gratis, anda dapat menghubungi Atau dapat secara langsung datang ke alamat kami :

0858-6060-7370 (Call/WhatsApp)

0812-2355-5759 (Call/WhatsApp)

021-7719607 (Office Hour)

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

(Jalan Proklamasi Raya No.121 , Sukma Jaya, Abadi Jaya Depok)

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id