3 Kelebihan dan Kekurangan dari Bata Ringan

Kelebihan dan kekurangan dari bata ringan

kelebihan dan kekurangan dari bata ringan

Kelebihan dan kekurangan dari bata ringan. Di dalam proses pembangunan rumah atau sebuah bangunan biasanya menggunakan bata merah sebagai bahan pengisi dinding untuk pelapis disebuah bangunan. Perlu sobat ketahui salah satu material yang menjadi favorit masyarakat Indonesia yang digunakan dalam pembangunan rumah atau bangunannya meskipun zaman sekarang sudah memasuki gempuran teknologi sipil dan berbagai teknologi rekayasa konstruksi seperti salah satunya yaitu bata hebel atau yang biasa dikenal dengan sebutan bata ringan.

Zaman sekarang juga penggunaan material banguan berbobot ringan sudah semakin populer. Permintaan bata hebel atau bata ringan ini dapat menyaingi permintaan bata konvensional. Sifatnya yang ringan namun juga solid sehingga tetap tahan terhadap goncangan menjadi satu dari sekian banyak keunggulan dari bata hebel atau bata ringan. Selain itu bata hebel atau bata ringan ini juga lebih terjamin kualitas materialnya.

Berbeda dengan bata merah atau batako pada umumnya yang diproduksi dengan cara tradisional, bata hebel atau bata ringan ini merupakan material fabrikasi yang diproduksi dengan menggunakan mesin canggih. Bahan baku yang terdapat dalam bata hebel ini berupa beton yang terbuat dari semen, pasir kuarsa dan gypsum yang dicampur dengan pasta alumunium.

Walaupun bata ringan sudah diproduksi menggunakan bahan yang baik dan teknologi yang mumpuni, bata ringan juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari bata ringan itu sendiri. Sebelum membahasa mengenai kelebihan dan kekurangan dari bata ringan, ada baiknya membahas mengenai jenis dari bata ringan itu sendiri agar bisa mengetahui kebutuhan untuk pembangunan anda.

Perbedaan Hebel AAC dan CLC
jenis dari bata ringan

Jenis dari bata ringan

Bata ringan juga dikenal dengan nama pasarnya, yaitu bata hebel yang sudah sering disebutkan di awal atau juga di kenal dengan bata celcon. Di pasaran terdapat dua jenis bata ringan yang umum dipakai sebagai bahan baku penyusun dinding bangunan, yaitu Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC).

Kedua bata ringan yang umum ini dibuat dari campuran material yang sama, namun komposisi tiap-tiap material yang berbeda. Pada prosesnya AAC dikeringkan dengan menggunakan tekanan tinggi, sedangkan CLC dikeringkan secara alami.

Perlu anda ketahui, jenis bata ringan yang dipilih menentukan seberapa cepat produktivitas pemasangan dan besar biaya yang dikeluarkan. Bata ringan jenis AAC jauh lebih cepat dari bata ringan CLC. Setelah mengenal lebih mendalam tentang bata ringan ini ada baiknya untuk mengetahui juga kelebihan dan kekurangan dari bata ringan itu sendiri agar lebih jelas.

Kelebihan dan Kekurangan dari bata ringan

Kekurangan : Harga lebih mahal jika beli satuan

Karena teknologi dalam proses pembuatan bata ringan ini lebih canggih juga bagusnya kualitas yang diberikan dari penggunaan bata ringan ini, tidak bisa dipungkiri kalau harganya akan lebih mahal dari harga bata merah pada umumnya. Selain itu untuk harga bata ringan jenis AAC yang dalam pembuatannya menggunakan teknologi tekanan tinggi tentu dipatok dengan harga yang lebih mahal. Pembeliannya juga harus dalam jumlah yang banyak, ini tentu saja meningkatkan biaya konstruksi yang harus di keluarkan apalagi kalau dibutuhkan hanya untuk renovasi pada sedikit bagian saja. Biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal jika pembelian dalam jumlah sedikit dibanding pembelian dalam jumlah yang banyak.

 

Baca Juga :  Bata Ringan Yang Bagus dan 6 Manfaat Bata Ringan

Kelebihan : Ketahanan sekuat beton

Bata hebel memiliki bobot dan bentuk yang lebih ringan dengan bata tradisional, beratnya bisa mencapai 3 kali lebih ringan dibandingkan dengan bata merah atau batako. Komposisi bahannya yang terbuat dari campuran beton, bata hebel ini tentungan memiliki kekuatan yang sama kuatnya dengan ketahanan material beton. Hal yang menarik yaitu, ketahanan dari kekuatan bata hebel atau bata ringan ini sudah memenuhi standar bahan bangunan anti gempa. Jadi tidak heran kalau bata ringan awalnya lebih populer digunakan sebagai bahan bangunan untuk gedung-gedung bertingkat dan juga mall.

Kelebihan : Merupakan insulator suhu yang baik

Selain memperingan dan memperkuat ketahan pada sebuah bangunan, bata ringan juga mampu membuat bangunan secara utuh terlindungi dengan sangat baik, pori-pori yang didapatkan dari permukaan bata ringan yang mampu menyerap udara panas dari luar ruangan sehingga dapat mempertahankan suhu dingin di dalam ruangan. Karena bentuknya yang cukup solid dan juga padat, bata ringan ini juga termasuk kedalam material bangunan yang memiliki kualitas kedap suara sehingga mampu menghalau suara bising yang masuk ke dalam ruangan.

Kelebihan : Finishing dinding lebih mudah

Bata ringan memiliki sisi yang lebih presisi dan tingkat kerataan permukaan yang lebih mulus dan baik dibandingkan dengan bata tradisional. Keunggulan dari bata hebel ini tentu mempercepat proses pengerjaan konstruksi dari sebuah bangunan.

Bobotnya yang sangat  ringan ini juga membantu memudahkan proses pemasangan bata ringan sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih rapi secara maksimal. Maka dari itu dalam proses akhir tahapan pembuatan dinding, tentunya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan pembuatan dinding yang terbuat dari bata merah atau bata konvensional yang memakan waktu lebih lama untuk menghaluskan permukaan dengan semen terlebih dahulu. Bata hebel atau bata ringan ini telah memiliki tekstur permukaan yang lebih halus dan rata sehingga tidak memerlukan perlapisan yang tebal pada permukaannya. Bahkan permukaan bata ringan bisa langsung dicat atau dibiarkan unfinished jika ingin memiliki tampilan dinding ekspos.

kelebihan dan kekurangan dari bata ringan itu sendiri pasti ada, namun bisa dilihat menggunakan bata ringan sebagai bahan dasar membangun bangunan akan mendapat keuntungan yang lebih banyak.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bata ringan itu sendiri, kami juga ingin memberi tahu informasi mengenai distributor bata ringan yang menjual bata ringan berkualitas dengan harga yang murah.

Bata Ringan Acon

PT Elite Sukses Bersama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan ,semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

  • Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami, karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan diproses setiap harinya.

  • Kepastian waktu distribusi 

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat, karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati ketika proses transaksi.

  • Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilih karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan, menjadikan pekerjaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

Kami bekerjasama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi, berikut daftar produsen bata ringan yang bekerjasama dengan kami:

  • Betacon
  • Acon 
  • Inti Global
  • BSH (Bata Sentra Utama)
  • IBI ( PT impian baru Indonesia)
  • Multicon 
  • Broco

Kelebihan dan kekurangan dari bata ringan diatas bisa di konsultasikan dengan kami. Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri, jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

Baca Juga :  Ember Cor Anti Pecah

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id