4 Tips Bangunan Tahan Lama

4 Tips Bangunan Tahan Lama

tips bangunan tahan lama
Image Source : Ярослав Алексеенко from Unsplash | Ilustrasi : elitehebel.co.id

Masuknya era globalisasi saat ini, mendorong munculnya beragam bentuk, desain dan ukuran bangunan. banyak sekali bangunan yang terlihat, mulai dari rumah, gedung-gedung, mall dan restaurant. Setiap bangunan memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Dari perbedaan tersebut alhasil bangunan memiliki daya tarik sendiri-sendiri, tergantung selera yang melihatnya. Memiliki bangunan dengan kualitas yang baik adalah impian semua orang. Maka pada artikel ini kita akan membahas tips bangunan tahan lama.

Bangunan yang berdiri dengan kokoh dan tahan lama sudah pasti memiliki sesuatu yang berkualitas di dalam struktur bangunannya. Pada artikel tips bangunan tahan lama ini kita akan membahas bagaimana bangunan-bangunan tetap tegak meski sudah berusia lama. Bangunan harus mampu memberikan prasarana secara efektif dan efisien. 

Sebelum masuk pada tips bangunan tahan lama, artikel ini akan memberi pengetahuan beberapa jenis kerusakan pada bangunan dan beberapa alasan mengapa bangunan tidak bisa bertahan lama atau faktor yang merusak bangunan anda. Sehingga nantinya anda bisa mengantisipasi bagaimana menghindari hal tersebut agar bangunan tetap berdiri kokoh.

Indonesia memiliki iklim tropis yang berarti ada 2 musim yakni kemarau dan hujan. Musim tersebut akan mempengaruhi kondisi bangunan yang akan menyebabkan kerusakan bangunan dan pelapukan bahan bangunan lebih awal.

tips bangunan tahan lama
Image Source : Francesco Paggiaro from Pexels | Ilustrasi : elitehebel.co.id

Sebelum masuk pada tips bangunan tahan lama, berikut jenis-jenis kerusakan pada bangunan

  • Jenis kerusakan ringan terstruktur : kerusakan biasanya berupa adanya retakan kecil ada di dinding, kemampuan struktur untuk memikul yang berkurang, kerusakan ada di bagian non struktural seperti ada di bagian lisplang, cerobong dan lain sebagainya. Seandainya menemui kerusakan yang satu ini, Anda bisa segera mengerjakan perbaikan.
  • Jenis kerusakan ringan non-struktur : kerusakan ini biasanya berupa retakan halus pada plesteran alhasil ada serpihan plester yang berjatuhan. Untuk mengatasi tipe kerusakan yang sederhana ini, Anda bisa mengerjakan perbaikan tanpa harus mengosongkan bangunan.
  • Jenis kerusakan struktur sedang : kerusakan retakan menyebar luas di dinding pemikul beban, terjadi keretakan menjalar ada di bagian dinding, kemampuan struktur yang telah berkurang hingga separuhnya. Bagi kondisi ini bangunan sebaiknya dikosongkan dan diisi lagi sekiranya telah aman dihuni.  
  • Jenis kerusakan total : tipe kerusakan pada bangunan yang selanjutnya yakni kerusakan total. Kerusakan ini bisa berupa bangunan yang roboh, mayoritas dari komponen bangunan mengalami kerusakan hingga tak layak untuk dihuni. Perbaikan berupa membersihkan lokasi atau mendirikan bangunan yang baru. untuk menghindari kerusakan total, yuk simak artikel ini sampai habis karena tips bangunan tahan lama ada diantara paragraf-paragraf. 
  • Jenis kerusakan struktur berat : kerusakan berupa bangunan yang terpisah akibat unsur pengikat yang tidak sempurna menempel, dinding pemikul beban terbelah hingga runtuh, 50 persen dari elemen terpenting mengalami kerusakan. Dalam kondisi yang tersebut, lebih baik meninggalkan bangunan dan mengosongkan nya demi kebaikan.

Dari beberapa jenis kerusakan tersebut rata-rata terjadi pada dinding bangunan, maka dari itu diperlukannya material yang berkualitas untuk menyusun sebuah dinding agar bangunan bisa bertahan lama. Salah satu tips bangunan tahan lama adalah material dindingnya, kami menyarankan untuk menggunakan bata ringan karena ketahanannya yang baik, bata ringan memiliki ketahanan terhadap air dan api sehingga cocok untuk bangunan di iklim tropis.  

Untuk mengetahui kelebihan bata ringan bisa klik disini.

Baca Juga :  3 Penyebab Efek Rumah Kaca Paling Besar
tips bangunan tahan lama
Image Source : Alina Pohodina from Unsplash | Ilustrasi : elitehebel.co.id

Menurut Lippsmeier, 1980 ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan bangunan dan pelapukan bahan bangunan lebih awal seperti : 

  1. Bencana alam seperti gempa bumi, badai, hujan lebat dan banjir. 
  2. Perbedaan temperatur dan kelembaban yang tinggi dapat mempercepat proses pelapukan kayu dan membuat retak pada beton. 
  3. Hewan pengganggu ini seperti rayap dan semut, berdasarkan penelitian secara umum dapat dianggap bahwa di daerah tropis sekitar 10% bangunan telah diserang oleh rayap. 
  4. Penggunaan bahan bangunan di bawah kualitas untuk lingkungan tertentu. Penggunaan bahan bangunan yang tidak tepat dalam pelaksanaan pembangunan dapat mempercepat kerusakan bangunan itu sendiri. 
  5. Kimia merusak beton akibat pengaruh pengasaman, penggaraman, dan sebagainya. 
  6. Umur Tidak semua bahan bangunan yang digunakan akan mengalami penurunan mutu yang sama cepat.

Kita harus benar-benar teliti apabila ingin mendirikan sebuah bangunan. Beberapa faktor diatas wajib dijadikan pertimbangan agar nantinya bangunan yang berdiri dapat bertahan lama dan tidak sia-sia. Lokasi, temperature, bahan bangunan dan beragam faktor luar lainnya yang mampu mempengaruhi ketahanan bangunan harus dijadikan acuan pembangunan. 

Berikut adalah tips bangunan tahan lama :

  1. Perhatikan lokasi atau kualitas tanah. Pastikan tanah memilki kepadatan yang baik, agar apabila terjadi gempa bangunan diatasnya akan tetap aman.
  2. Merancang bentuk dan ukuran bangunan yang simetris dan presisi. Hal ini penting untuk pembangunan agar bangunan dapat berdiri tegak, seimbang dan tahan lama.
  3. Cermati kualitas dari masing-masing material. Bangunan yang kuat terdiri dari material yang berkualitas. Mulai dari material pondasi, dinding, langit-langit hingga atap.
  4. Perhatikan pemasangan pondasi. Mulai dari kedalaman, pemasangan besi hingga pemasangan sloof. Pastikan pondasi kuat untuk menopang beban bangunan.
Baca Juga :  Harga dan Kualitas Bata Ringan VS Bata Merah

Setelah membaca paragraph-paragraf diatas, mulai dari jenis-jenis kerusakan pada bangunan, faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan bangunan hingga tips bangunan tahan lama. Semoga bisa menjadi gambaran dan acuan anda dalam membangun rumah yang kokoh dan tahan lama. Silahkan terapkan tips bangunan tahan lama agar bangunan semakin kokoh dan berkualitas. Rekomendasi bahan bangunan masa kini untuk dinding adalah bata ringan. Bata ringan sangat unggul dibanding jenis bata merah dan batako. 

PT Elite Sukses Bersama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang distributor penjualan material bangunan seperti bata ringan , semen mortar, semen biasa. Dengan value yang sangat kami perhatikan dan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan kami, value yang kami pegang adalah sebagai berikut:

  1. Kepastian stok atau persediaan barang

Kami selalu menjamin bahwa stok selalu tersedia di gudang atau workshop kami, karena kami memiliki hubungan kemitraan yang kuat dengan produsen dalam waktu yang sudah terbilang cukup lama, maka dari itu kami bisa saling membantu dalam kepastian stok yang akan diproses setiap harinya.

  1. Kepastian waktu distribusi 

Kami bisa sangat menjamin kepastian dalam pengiriman barang yang anda pesan, karena kami memiliki armada distribusi yang terbilang cukup banyak dan juga kuat, karena pengendara yang kami miliki mempunyai lisensi berkendara yang baik dan juga mengerti kondisi jalan dan lalu lintas yang baik, selain itu pengendara kami juga sangat berdedikasi tinggi. Maka dari itu menjadikan proses pengiriman barang selalu dalam kondisi baik dan prima, dan juga tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati ketika proses transaksi.

  1. Kepastian mutu

Pada umumnya, bata ringan atau lebih dikenal dengan nama hebel adalah material pengganti bata merah. Jenis material ini dipilih karena bobotnya yang lebih ringan sehingga memudahkan pada saat aplikasi pemasangan, menjadikan pekerjaan pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu bata ringan juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh walaupun memiliki masa yang ringan. Karena memiliki kualitas yang sangat baik maka bata ringan atau hebel sangat layak untuk menjadi pengganti bata merah.

Kami bekerjasama dengan produsen bata ringan yang memiliki produk yang berkualitas tinggi, berikut daftar produsen bata ringan yang bekerjasama dengan kami:

  • Betacon
  • Acon 
  • Inti Global
  • BSH (Bata Sentra Utama)
  • IBI ( PT impian baru Indonesia)
  • Multicon 
  • Broco

Harga bata ringan dari produk-produk diatas, kami menjual dengan harga murah tanpa mengurangi kualitas dari merek itu sendiri, jika masih ingin mengetahui lebih detail dari semua produk yang kami jual atau mungkin ingin berkonsultasi mengenai rekomendasi bata ringan bisa menghubungi kami langsung via whatsapp or call :

0858-6060-7370 (call or whatsapp)

0812-2355-5759 (call or whatsapp)

021-7719607 (kantor)

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Search us on maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id