Toko Bahan Bangunan

4 Hal Sebelum Membeli Material di Toko Bahan Bangunan

Toko Bahan Bangunan

Menemukan material bangunan yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Terutama ketika Anda membelinya via aplikasi-aplikasi belanja online. Jika membeli di toko bahan bangunan saja kadang bisa salah pilih, bagaimana jika membeli di aplikasi belanja online? Tentu risiko mengalami kerugian bisa saja lebih tinggi. Hal ini karena dalam melakukan proses pembelian, ada banyak hal yang meski Anda perhatikan. Mulai dari harga, kualitas, tempat, material, dan lain sebagainya. Informasi ini tentu menjadi hal yang sangat penting. Terutama bagi Anda yang berencana membangun rumah atau renovasi rumah. Oleh karena itu, sebelum membeli bahan bangunan, perhatikan beberapa hal penting berikut.

Hal penting sebelum belanja bahan bangunan

Sejatinya, membelanjakan uang untuk material bangunan sama asyiknya dengan berbelanja barang-barang lain di pusat perbelanjaan. Namun, tingkat kesulitannya tentu berbeda. Karena material bangunan pada umumnya dibandrol dengan harga yang lumayan tinggi, sehingga, jika sampai salah beli, maka akan menimbulkan kerugian yang berkali-kali lipat.

Rugi membeli materialnya, ditambah lagi Anda meski merenovasinya dengan menggunakan material yang baru. Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia pembangunan rumah atau gedung, tentu sudah memahami bagaimana seharusnya mempersiapkan berbagai hal penting sebelum membeli material di toko bahan bangunan. Berbeda halnya dengan Anda yang benar-benar masih belum terlalu terbiasa. Bingung kan? Simak penjelasannya berikut.

Membuat list material yang akan dibeli

toko bahan bangunan
Ilistrasi toko bahan bangunan. Sumber gambar: pinterest

Sebelum berangkat ke toko bahan banguunan, alangkah bijaknya jika Anda membuat list belanjaan material apa saja yang akan Anda beli. Di mana, proses ini memang tergolong agak memakan waktu. Tapi percayalah, hanya dengan membuat list, kemudian menghitung kebutuhan, hingga melakukan pengukuran lah semuanya bisa tercover dengan baik. Anda tidak bisa menyamakan membeli bahan bangunan dengan belanja sayuran di pasar.

Yang ketika melihat bahan A, beli, B, beli, dan seterusnya. Pemilihan material bangunan adalah hal yang cukup kompleks. Tentu, ada banyak sekali material yang Anda butuhkan. Dan jangan lupa memasukkan material bata ringan atau hebel ke dalam salah satu list material yang akan dibeli di toko bahan bangunan.

Bata ringan atau hebel sendiri adalah material yang sedang ramai menjadi perbincangan banyak orang. Karena ia memiliki banyak keunggulan yang menarik. Seperti harganya yang tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan material lain. Kemudian, proses pemasangannya yang mudah dan tidak butuh waktu lama. Tahan air, kedap suara, dan lain sebagainya. Di antara banyaknya keunggulan bata ringan atau hebel ini, ada satu yang paling menarik.

Yakni sifatnya yang ramah lingkungan. Di tengah efek rumah kaca yang kian tinggi, sudah waktunya semua masyarakat menyadari bahwa perlu dilakukan perubahan besar-besaran terhadap material yang digunakan. Maka, bata ringan adalah solusi yang paling tepat. Nah, selain itu, bata ringan juga dibandrol dengan harga yang ramah kantong kok. Sekarang, Anda sudah menemukannya dengan mudah. Karena distributor bata ringan berkualitas sudah tersebar di mana-mana.

Jika sudah melakukan list, kini Anda bisa melakukan pengukuran rumah yang akan dibangun atau akan direnovasi. Misal, ukurlah setiap bagiannya dengan baik. Mulai dari luas lantainya, luas dinding, dan lain sebagainya. Berikutnya, Anda juga meski memperhatikan gambar atau desain yang telah dibuatkan oleh arsitek.

Karena dengan desain tersebut, Anda akan lebih mudah dalam menentukan material yang sekiranya pas untuk rumah Anda. Tanpa melakukan list, pengukuran, hingga perhitungan yang tepat, akan sangat berisiko terhadap pemborosan loh.

Riset, lalu bandingkan harga

toko bahan bangunan b
Ilistrasi toko bahan bangunan. Sumber gambar: pinterest

Hal kedua yang meski Anda perhatikan sebelum membeli material bangunan di toko bahan bangunan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melakukan perbandingan harga. Sebagaimana kita ketahui, bahwa saat ini, ada ratusan toko bahan bangunan yang ada di kota Anda kan?

Tentu, hal ini akan membuat Anda sedikit bingung dalam menentukan toko yang tepat untuk melakukan pembelian demi mendapatkan material yang sesuai budget. Maka, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan.

Yakni dengan menghubungi pihak tokonya, dan tanyakan harga material yang ada di setiap tokonya. Dan jangan lupa juga untuk memastikan bahwa material yang dibutuhkan ada di toko tersebut. Apabila sudah, lanjutkan dengan membandingkan harganya. Sederhana kan? Dan tahukah Anda, bahwa dengan cara ini, ada banyak keuntungan yang Anda peroleh.

Salah satunya adalah tidak perlu lagi repot-repot keluar rumah hanya untuk mendapatkan kepastian harga. Cukup dari rumah, duduk manis, telpon, dan dapatkan informasinya. Menarik sekali bukan?

Pilihlah toko bangunan yang tepat

Hal selanjutnya adalah dengan memilih toko bahan bangunan yang tepat. Di mana, hal penting satu ini maih sangat berkaitan dengan poin yang kedua, yakni melakukan riset kecil-kecilan. Memilih toko bahan bangunan juga menjadi salah satu kunci berhasil tidaknya rumah yang dibangun. Dalam melakukan pembelian material, ada beberapa pilihan yang bisa Anda pilih.

Mulai dari membelinya dari distributor, agen, atau supplier.  Agar amannya, Anda bisa membeli bahan-bahan seperti semen, pasir, besi, bata ringan langsung ke distributornya saja. Karena harga yang diberikan juga pasti akan lebih rendah dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain itu, kualitasnya juga pasti akan jauh lebih bagus. Sementara jika ingin membeli cat dinding, maka beli saja di supermarket bahan bangunan. Karena harganya akan lebih murah. Kalau kayak pintu dan kusen jendela, belilah di toko bangunan yang dekat-dekat saja dengan rumah. Jadi kalau nantinya ada kesalahan, Anda bisa ke tokonya dengan mudah.

Pembelian dengan jumlah banyak dengan sedikit

toko bahan bangunan
Ilistrasi toko bahan bangunan. Sumber gambar: pinterest

Ketika membeli material di toko bahan bangunan, terdapat beberapa bahan yang memang meski dibeli dalam jumlah banyak. Dan ada juga yang dapat dibeli hanya dengan jumlah yang sedikit. Kalau untuk material toko bahan bangunan seperti hebel atau bata ringan, semen, pasir, batu kali, memang meski Anda beli dalam jumlah yang besar.

Dan meski langsung sekali beli. Karena membutuhkan ongkir yang tergolong mahal. Bahkan, untuk minimal pembeliannya itu biasanya 1 truk loh. Hal ini tentu sangat berbeda dengan pembelian cat atau beberapa material lainnya yang bisa dibeli satuan. Tapi tenang saja, meskipun harus membeli beberapa material dalam angka yang besar atau banyak, Anda tetap tidak akan dirugikan.

Karena pada akhirnya, material-material tersebut tetap dapat dimanfaatkan untuk hal yang lain. Atau bahkan, masih memungkinkan untuk dijual ke tetangga yang membutuhkan material tersebut dalam jumlah yang sedikit.

Intinya, tidak ada yang sia-sia ya. Atau, bisa juga Anda manfaatkan untuk material pembuatan taman di depan atau belakang rumah.

Nah, demikianlah beberapa hal yang meski Anda perhatikan sebelum ke toko bahan bangunan. Lakukan pencatatan, penghitungan, pengukuran, riset, dan lain sebagainya demi memaksimalkan dana dan meminimalisir risiko. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca Juga :  Harga dan Kualitas Bata Ringan VS Bata Merah

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id