Berikut 3 Kelebihan Rumah Sederhana yang Banyak Diincar Masyarakat

Rumah merupakan tempat ternyaman setiap orang. Karena di sana, semua orang tumbuh, berkembang, belajar, dan mendapatkan pelajaran berharga. Sesederhana apapun rumahnya. Bahkan untuk saat ini, masyarakat mulai ramai memilih rumah sederhana.

Hal ini karena rumah yang sederhana akan terkesan lebih menarik dan elegan dibandingkan rumah yang mempunyai tampilan berlebihan. Terlebih lagi mulai beragamnya desain rumah-rumah masa kini.

Zaman dulu, masyarakat kerap tidak terlalu peduli soal bagaimana penampilan sebuah hunian. Karena bagi masyarakat zaman dulu, hal terpenting dari sebuah rumah adalah bisa dihuni dengan nyaman dan ukurannya yang luas. Konsep ini tentu sudah sangat berbeda dengan masa kini.

Di mana, masyarakatnya bukan hanya menjadikan rumah sebagai tempat kembali dan bercengkrama dengan keluarga. Melain bisa dijadikan sebagai tempat melepaskan lelah. Itulah mengapa desain-desain rumah masa kini terlihat super sederhana namun sangat nyaman.

Karena memperhatikan nilai estetika di dalamnya. Konsep ini bukanlah sebuah konsep baru sebenarnya. Karena sudah mulai banyak masyarakat yang menerapkan konsep rumah sederhana ini, yang terbukti mulai marak dan ramainya masyarakat yang memilih rumah sederhana di tengah hiruk pikuk perkotaan.

Menariknya, desain rumah sederhana masa kini tentu berbeda dengan rumah sederhana masa lalu. Karena dunia seputar arsitektur terus mengalami perkembangan yang signifikan. Sehingga, semua orang bisa meninggali rumah terbaik yang mereka inginkan.

Dan jika Anda menginginkannya, tentu bisa saja ya. Meskipun dinamai sebagai rumah sederhana, namun di dalamnya tetap tidak kalah nyamannya dengan rumah mewah dan rumah luas pada umumnya.

Apalagi nih, rumah-rumah sederhana itu mempunyai berbagai kelebihan loh. Adapun kelebihannya adalah biaya pembangunan dan pemeliharaan yang tidak terlalu mahal, mudah dibersihkan. banyak pilihan desain, dan lain sebagainya.

Kelebihan rumah sederhana

Selama ini, tidak sedikit masyarakat yang memandang sebelah mata rumah sederhana, Padahal, jika mereka tahu kelebihannya, mungkin mereka juga mau loh tinggal di rumah yang sederhana.

Jadi, rumah dengan desain yang sederhana ini sangat mudah kamu temukan di area pinggiran kota. Atau, bisa juga ditemukan di kawasan perumahan, baik itu perumahan dinas ataupun perumahan pribadi. Nah ternyata, rumah sederhana mempunyai ciri khas loh. Salah satunya adalah bentuk lantainya yang konvensional.

Dengan berbagai kelebihan rumah sederhana, membuat banyak orang mulai merancang rumah sederhana mereka. Selain itu, rumah sederhana juga sangat identik dengan pemilihan ruang yang terbatas. Di mana, ruang-ruang yang dipilih adalah ruangan-ruangan yang memang sangat penting.

rumah sederhana
Ilustrasi gambar: Rumah minimalis sederhana. Sumber: Pixabay

Misal, kamar tidur, dapur, ruang tamu, kamar mandi, toilet, dan ruang keluarga. Bahkan, barang-barang yang digunakan di dalam rumah sederhana juga seharusnya barang-barang yang memang dibutuhkan. Sehingga akan tetap menjaga kenyamanan rumah tersebut. Maka, ketika memilih rumah yang sederhana, Anda dituntut dapat menjadi seorang manajemen ruangan yang cerdas. Yang bisa memilih dan memilah barang-barang apa saja yang akan dimasukkan ke dalam rumah.

Karena jika Anda tidak bisa memanajemennya dengan baik dan tepat, rumah yang seharusnya nyaman bisa menjadi tidak nyaman loh. Kenapa? Ya karena minim space dan tergolong sumpek dikarenakan banyak barang-barang yang tidak penting namun tetap Anda paksakan dimasukan ke dalam rumah.

  1. Perawatan mudah

Kelebihan yang pertama adalah perawatannya yang sangat mudah. Selain mudah dirawat, Anda juga bisa membersihkan rumah sederhana ini dengan sangat mudah dan cepat.

Kelebihan satu ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang mempunyai jam terbang cukup tinggi, sehingga tidak begitu mempunyai waktu untuk beres-beres dan bersih-bersih rumah. Menariknya lagi, karena rumah Anda sederhana, maka Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan nya.

  1. Ruangan tepat

Kelebihan kedua adalah ruangannya tepat. Maksud kata tepat di sini adalah tidak begitu memasukkan ruangan-ruangan yang dianggap tidak perlu. Hal ini karena memang ukurannya yang terbatas.

Hal ini menjadikan rumah sederhana Anda menjadi tidak boros ruangan loh. Jadi, dengan memilih rumah model satu ini, maka Anda tidak begitu membutuhkan lahan yang luas. Kondisi ini juga memungkinkan kamu untuk memanfaatkan sisa lahan untuk hal menyenangkan lainnya. Misal dengan menggunakannya sebagai lahan bertani kecil-kecilan, taman istirahat, atau bisa juga dengan membuat gazebo mini.

  1. Biaya lebih murah

Memang sih, tidak selamanya rumah sederhana itu membutuhkan biaya yang lebih murah. Namun tetap saja, nyaris semua loh. Hal ini karena ketika membangun rumah sederhana, maka Anda hanya membutuhkan satu lantai saja dengan ruangan-ruangan yang terbatas dan sedikit. Dan dengan ukuran tersebut, Anda juga tidak membutuhkan berbagai macam perabotan kan?

rumah sederhana
Ilustrasi gambar: Rumah minimalis sederhana. Sumber: Pixabay

Nah, itulah dia beberapa kelebihan atau keunggulan rumah sederhana. Berdasarkan berbagai sumber, ada satu tips yang bisa membuat rumah sederhana Anda menjadi agak luas loh.

Apa itu? Yakni dengan cara mengurangi pembuatan sekat. Jadi, kita tidak bisa memungkiri, bahwa sekat di dalam rumah memang sangat bermanfaat ya. Namun, ketika Anda menggunakannya secara berlebihan, tentu akan memakan tempat, yang akan membuat rumah Anda menjadi lebih sempit. Tenang. konsep satu ini sudah bukan lagi sesuatu yang aneh kok.

Karena sudah banyak kok rumah-rumah yang menggunakan konsep ini. Termasuk rumah mewah yang ukurannya besar-besar. Karena ternyata, rumah minim sekat juga bisa membuat ruangan menjadi lebih indah loh. Misal, Anda tidak membuat sekat antara dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Ini keren sih. Untuk memisahkannya, Anda hanya perlu pembatas berupa barang-barang yang digunakan saja. Contohnya adalah sofa. Keren kan?

Material Pembuat Sekat Terbaik

Dalam membuat sekat yang jumlahnya terbatas, Anda membutuhkan material terbaik kan? Hal ini demi membuat sekat tersebut tampil kokoh dan gagah. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan material bata ringan atau hebel. Di mana, material satu ini memang belum sepopuler batu bata, namun keunggulannya tidak kalah deh dengan batu bata. Bahkan kini dan beberapa tahun ke depan, jumlah pengguna bata ringan akan terus meningkat.

Karena untuk saat ini saja, masyarakat sudah mulai menggunakannya. Karena memang, bata ringan menawarkan berbagai keunggulan yang luar biasa. Ia adalah material terbaik untuk membuat sekat rumah Anda lebih bagus. Selain bisa digunakan untuk pembuatan sekat, hebel juga sangat bisa jika Anda gunakan untuk membuat bagian rumah lainnya. Seperti dinding rumah atau yang lainnya.

Karena kepopulerannya yang kian bertambah, kini Anda bisa mendapatkan hebel berkualitas dengan sangat mudah. Anda bisa mendapatkannya di distributor hebel terdekat yang ada di sekitar Anda.

Atau bahkan, Anda juga sudah bisa membelinya di marketplace kesayangan Anda. Material dengan segudang keunggulan ini dibandrol dengan harga yang terjangkau loh. Maka, jika kini Anda tengah mencari material untuk pembuatan sekat atau yang lainnya, Anda bisa memasukkan hebel ke dalam list material bangunan yang akan Anda gunakan ya.

Itulah dia hal menarik seputar rumah sederhana. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Baca Juga :  Merk Hebel Terbaik

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id