denah rumah

6 Denah Rumah yang Bisa Banget Jadi Inspirasi Anda

Denah Rumah

Membuat, menentukan, dan mendesain denah rumah merupakan langkah paling awal ketika akan membangun hunian yang nyaman. Dengan pembuatan desain, Anda bisa menentukan model rumah yang nantinya akan dibangun. Proses pembuatan denah sebuah rumah tergolong cukup memakan waktu ya.

Karena ada banyak hal yang mesti diperhatikan dan dipertimbangkan. Mulai dari model, kenyamanan, kebutuhan, kondisi lahan, ukurannya, pemilihan warna cat, hingga ke bagian dana. Di mana, sebelum proses pembangunan, denah rumah yang telah Anda buat memang harus benar-benar matang. Hal ini agar hasilnya maksimal, sesuai dengan impian dan harapan Anda sebelumnya. Kita tentu harus berkaca dengan pengalaman orang lain ya.

Tidak sedikit loh orang yang terburu-buru dalam membangun rumah hingga tidak mempertimbangkan modelnya, seperti apa denahnya, dan akhirnya berakhir pada penyesalan, sebab rumah yang telah dibangun jauh dari ekspektasi.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang membuat desain rumah, tapi bingung mau membuat denah rumah hanya bagaimana, yuk simak beberapa denah berikut. Anda bisa banget menjadikan beberapa denah rumah di bawah sebagai inspirasi yang nantinya tinggal modifikasi aja. Gampang kan?

Denah rumah

denah rumah.
ilustrasi gambar: denah rumah. Sumber gambar pinterest.com

Untuk pemilihan denah yang kami sajikan adalah desain rumah bergaya minimalis ya. Di mana, model rumah satu ini namanya terus melambung tinggi. Khususnya di daerah perkotaan yang notabene memiliki lahan terbatas.

Denah rumah minimalis kecil yang nyaman

Denah yang pertama adalah denah rumah untuk keluarga kecil. Bagi Anda yang dalam sekeluarga hanya terdiri dari 3 sampai 4 orang, bisa banget menggunakan denah rumah satu ini. Rumah ini merupakan rumah sehat dan pilihan banyak orang loh.

Ruang keluarganya tergolong cukup lega, sehingga bisa dijadikan sebagai pusat denahnya. Meskipun dengan ukuran kecil, denah rumah ini tetap menyediakan sebuah taman mini, dan ada pekarangan yang lumayan luas loh. Bahkan, pekarangan ini masih sangat memungkinkan digunakan sebagai tempat bermain yang memang ramah anak.

Nah, jika Anda memang kebetulan baru mempunyai bayi, tentu denahnya bisa saja dimodif atau dirombak sedikit. Yakni dengan cara menghilangkan sekat berupa tembok antar kamar tidur anak dengan kamar yang utama. Hal ini agar kamarnya terasa lebih  luas dan lega. Untuk tempat tidur bayinya bisa Anda jadikan sebagai salah satu perabot di rumah ya.

Rumah mungil

denah rumah
ilustrasi gambar: denah rumah. Sumber gambar pinterest.com

Denah rumah mungil ini juga sangat pas untuk keluarga kecil Anda. Nah, ketika sedang membuat denahnya, pastikan dahulu bahwa sirkulasi udara, pencahayaan, dan ventilasinya tepat ya. Dan tiap bagian rumah terkena sempurna.

Baca Juga : Jual Hebel Murah | 0812-2355-5759 | Elitehebel.co.id

Baca Juga :  6 Denah Rumah Terbaik Masa Kini

Khususnya untuk bagian ruang utama, misal kamar tidur dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Selain itu, Anda juga meski pandai-pandai dalam mengatur perabot yang ada ya. Pilihlah perabot yang ukurannya tidak begitu besar. Sesuaikan saja dengan ukuran rumah Anda. Rumah mungil ini mempunyai tampilan yang unik dan tetap cantik loh. Yang penting, gunakan warna yang soft ya. Agar aura elegannya keluar maksimal.

Rumah dengan taman

Denah rumah selanjutnya adalah rumah yang menjadikan taman menjadi bagiannya. Untuk tamannya sendiri dibuat landscape ya. Sehingga, memungkinkan untuk Anda bangun di rumah minimalis. Keindahan rumah minimalis akan bertambah cantik ketika Anda padukan dengan sebuah taman.

Elemen-elemen yang ada di taman tentu akan membuat suasana rumah menjadi sangat asri. Ketika ingin mengaplikasikan denah rumah dengan taman ini, ada baiknya jika Anda memaksimalkan bukaan ke hunian tersebut. Agar ada koneksi yang baik antara taman dan juga ruangan yang ada di rumah. Rumah dengan taman ini cocok untuk Anda yang suka dengan nuansa alam, suasana asri, dan selalu ingin ke taman.

Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan adanya taman, Anda akan mempunyai kebiasaan baru. Di mana, keberadaan taman bukan hanya sekedar membuat rumah menjadi lebih indah, tapi juga lebih nyaman, dan bisa Anda gunakan untuk rehat sejenak.

Konsep zonasi tiap denah rumah

denah rumah
ilustrasi gambar: denah rumah. Sumber gambar pinterest.com

Denah rumah yang selanjutnya adalah rumah yang berkonsep zonasi tiap denahnya. Ketika menata tiap ruangan, Anda meski memperhatikan pengaturan zonasi pada tiap ruang. Kemudian, menggabungkan fungsi privat. Misalnya, dengan memisahkan antara kamar tidur dengan daerah yang sifatnya adalah public atau area service.  

Rumah 2 lantai

Siapa nih yang selama ini bermimpi membangun rumah 2 lantai tapi belum tercapai karena sudah minder dengan biaya? Pasti ada ya. Nah, untuk saat ini, Anda bisa banget loh mewujudkan mimpi tersebut. Hal ini karena saat ini, banyak sekali rumah minimalis 2 lantai yang bisa dibangun dengan dana pas-pasan.

Meskipun dibangun dengan dana seadanya, kualitasnya tetap tidak kalah bagusnya dengan yang harga mahal. Asal, Anda bisa membuat denah rumah sebaik mungkin. Untuk saat ini, tidak sedikit rumah minimalis 2 lantai yang menerapkan sistem zonasi. Karena dengan penerapan sistem atau model zonasi ini bisa menyulap rumah menjadi lebih nyaman dan lega. Apalagi jika Anda memadukannya dengan konsep rumah minim sekat.

Rumah berkonsep resort

Jika kedua denah rumah di atas pas untuk keluarga kecil, maka rumah satu ini pasnya untuk Anda yang suka liburan dan rindu liburan. Di tengah kondisi seperti ini, banyak masyarakat yang membangun rumah dengan konsep resort atau peristirahatan ini. Karena memang, konsepnya yang unik dan cantik menjadikannya lebih nyaman ditinggali. Kalau bentuk rumahnya memang masih 2D.

Bagian depannya akan menjadi penentu bagaimana atmosfer dan nuansa resortnya. Anda bisa membangunnya dengan membentuknya layaknya ruang semi outdoor, tambahkan pula balkonnya pada tiap kamar. Keberadaan balkon bisa menjadi penentu nuansa resortnya.

Di bagian depan, Anda dapat menambahkan kolam renang dan taman. Tidak perlu besar-besar, cukup tata dengan baik saja. Misal, meletakkan kolam persis di depan rumah, sementara di sisi kanan dan kiri kolam renang adalah pepohonan yang tidak begitu besar. Gimana, keren kan?

Tiap pembangunan denah rumah di atas akan maksimal ketika Anda bangun dengan material yang tepat. Bata ringan atau hebel misalnya. Ya, di tengah tingginya pemanasan global, mahalnya material lain, bata ringan justru hadir dengan berbagai keunggulannya. Termasuk harganya yang terjangkau.

Meskipun ditawarkan dengan harga yang ramah kantong, namanya yang ‘bata ringan‘, kalau untuk soal kualitas, masih bisa menyamai material lain kok, atau bahkan lebih daripada material lain. Hal ini karena ia dibuat menggunakan teknologi canggih. Selain akan membuat rumah Anda lebih cantik dan kokoh, material hebel juga akan membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan.

Untuk saat ini, bata ringan terus diproduksi secara besar-besaran demi memenuhi kebutuhan pasar. Kian hari, pengguna bata ringan terus bertambah. Sehingga, Anda sudah bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di distributor bata ringan berkualitas di sekitar tempat tinggal Anda.

Baca Juga :  Bata Ringan Yang Bagus dan 6 Manfaat Bata Ringan

Leave a Reply

Alamat : Jl. Proklamasi Nomer No.121, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16417
Kontak : +628128250007
 
klik kontak di bawah untuk chat dengan CRO kami, atau anda bisa email kami ke info@elitehebel.co.id